Cara mencegah penyakit jantung sebelum terlambat

Cara mencegah penyakit jantung sebelum terlambat-  Penyakit jantung koroner penyakit yang banyak di derita oleh masyarakat, penyakit yang menyerang pembuluh darah mengalirkan ke arteri koroner sehingga dapat terjadi penyempitan pada arteri koroner. Penyempitan ini di akibat kan proses spasme atau aterosklerosis. Tahun 1999 dari 55,9 juta atau 30,3% kematian di seluruh dunia yang di akibatkan penyakit jantung. Menurut WHO 60% akibat kematian di sebabkan oleh penyakit jantung koroner. Walaupun penyakit jantung koroner merupakan  penyebab kematian nomer satu di dunia, namun dapat di cegah dengan berbagai hal, berikut ini cara mencegah penyakit jantung sebelum terlambat :
Cara mencegah penyakit jantung sebelum terlambat
Cara mencegah penyakit jantung
  • Dengan berhenti merokok
Jika  anda merokok segera berhenti merokok, walaupun sekarang masih merasakan sehat, namun dalam jangka panjang merokok dapat menyebabkan penyakit penyakit dalam tubuh seperti penyakit jantung.
  • Berolah raga dengan teraktur
Olah raga bukan cuma  membuat tumbuh anda makin segar, namun dapat menurunkan kelebihan berat badan anda, jika anda jalan kaki sehari 30 menit dapat menurunkan resiko terkena serangan jantung.
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
Jika tekanan darah anda lebih dari 115/75 maka akan menyebabkan penyakit jantung koroner, lakukan agar tekanan darah kamu mencapai 115/75, anda bisa melakukan dengan cara olah raga dengan rutin, dan sering melakukan cek tekanan darah anda.
  • Meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL)
Meningkatkan HDL dapat melingdungi serangan jantung dan stroke, jika HDL pria kurang dari 40mg/dL dan wanita kurang dari 50mg/dL, dapat meningkatkan resiko penyakit jantung, cara untuk meningkatkan HDL dengan cara olah raga secara terlatur dan perbanyak makanan yang bergizi.
  • Mengatur pola hidup yang baik.
Biasakan hidup sehat dengan mengatur pola makanan anda dengan baik, seperti menu makanan memiliki serat tinggi dan rendah lemak, dan jangan lupa mengkomsumsi sayuran yang baik untuk jantung anda, dan mengurangi makannya yang berlemak.
  • Mengurangi komsumsi alkohol
Jika anda sering mengkomsumsi alkohol berlebihan, maka dapat merusak hati, maka kurangin minuman alkohol anda.
  • Komsumsi kacang
Dengan mengkomsumsi segemgam kacang empat kali dalam seminggu dapat mengurangin risiko terkena penyakit jantung koroner, karena kacang terdapat antioksidan seperti asam oealat yang baik untuk jantung anda.
  • Kurangi stres
Dengan mengurangi stress anda, dapat mengurangi resiko serangan jantung.

Penyakit jantung adalah penyakit kejam yang dapat membunuh anda kapan saja, maka biasakan hidup sehat seperti yang kami tuliskan di atas, agar anda terhindar bukan hanya resiko serangan jantung namun juga terhindar dari berbagai penyakit lain.

Demikian mengenai cara mencegah penyakit jantung sebelum terlambat, semoga bermanfaat untuk anda dan menjaga kesehatan anda.