Tanda tanda penyakit HIV/ AIDS

Tanda tanda penyakit HIV/AIDS - HIV nama kepanjangan human immumodeficiency virus merupakan virus yang bisa dapat menyebabkan penyakit aids, virus  yang merusak system kekebalan tubuh sehingga tubuh kita tidak bisa bertahan terhadapa berbagai penyakit yang menyerang tubuh, di karenakan system kekebalan tubuh yang lemah dan rusak bisa mudah sekali terserang berbagai penyakit-penyakit lain seperti Diare, tbc dan lain-lain. HIV yang terdapat dalam cairan tubuh yang sudah terinfeksi di dalam darah cairan sperma (air mani), ASI atau Cairan Vagi’na, sebelum HIV berubah menjadi AIDS penderita masih bisa sehat dalam beberapa tahun masimal 10 tahun, walaupun terlihat sehat namum bisa menular pada orang lain melalui hub se’’ks yang tidak aman seperti tidak memakai pelindung,  pemakian suntik sercara bergantian dengan orang, dan tranfusi darah.
Tanda tanda penyakit HIV/ AIDS
Tanda tanda penyakit HIV/ AIDS
ADS merupakan kepanjangan dari acquired immune deficiency syndrome yang bisa menurunkan kekebalan dalam tubuh yang di sebabkan HIV. Orang yang sudah terkena penyakit AIDS bisa mudah sekali terkena berbagai penyakit, karena system kekebalan dalam tubuh telah rusak, yang tidak bisa di obati dengan system imunitas. Berikut ini adalah tanda-tanda penyakit HIV/AIDS :

  • Demam

Tanda awal penyakit ARS demam ringan, dan di sertai gejala lain seperti sakit tenggorokan, batuk,  kelelahan dan pembengkakan kelenjar getah bening.
  • Sakit kepala dan tenggorokan

Seperti tanda penyakit lain, ARS tanda awal seperti  sakit kepala dan sakit tenggorokan, hal ini di sebabakan kondisi tubuh mulai melemah.
  • Pembengkakan kelenjar getah bening, pegal, nyeri sendi dan otot

Penyakit HIV awal nya merupai gejala flu, infeksi virus, mononucleosis atau yang lain seperti hepatitis atau sifilis, kesamaan dalam gejala penyakit lain memang sudah tidak di herankan lagi, banyak penyakit lain hampir sama dengan tanda-tanda terkena hiv seperti pembengkakan kelenjar getah bening atau nyeri sendi dan otot.
  • Mudah lelah

Disebabkan oleh virus HIV yang sudah merusak system kekebalan tubuh, sehingga mudah sekali merasakan lesu dan lelah.
  • Diare mual dan muntah

Menurut dr malvestutto sekitar 30%-60% mengalami diare tahap awal dan mual muntah. Gejala ini bisa saja muncul akibat terapi antiretroviral, biasanya akibat dari infeksi oportunistik. Diare yang tidak kunjung sembuh dan sulit untuk di sembuhkan mungkin bisa menjadi tanda HIV.
  • Berat badan berkurang

Turunnya berat badan secara dratis merupakan tanda Awal terkena penyakit HIV/AIDS, di sebabkan oleh virus HIV yang sudah menyerang sel-sel dalam tubuh.
  • Ruam kulit

Tanda selanjut nya ruang kulit, ruam kulit ini bisa terjadi lebih awal atau bisa terlambat dalam perkembangan virus HIV/AIDS, bentuk seperti bisul beberapa daerah berwarna merah muda dan terasa gatal, bila ruang susah untuk di sembuhkan atau bertambah parah sebaiknya melakukan test HV.
  • Batuk kering

Batuk kering merupakan tanda awal terkena virus HIV, batuk yang berlangsung satu tahun dan semakin parah.
  • Pneumonia

Penurunan berat badan dan batuk di sebabkan oleh virus dan kuman yang sudah mengganggu system kekebalan tubuh. Pneumonia Merupakan infeksi oportunistik, yang bisa menyebabkan penderita harus di rawat di RS (rumah sakit).
  • Berkeringat pada malam hari

Tanda awal penyakit HIV selanjut nya adalah berkeringat dimalam hari, berkeringat di malam hari dengan tiba-tiba dan tidak melakukan aktifitas apapun.
  • Perubahan kuku

Tanda lain dari HIV adalah perubahan kuku seperi kuku melengkung, penebalan, perubahan warna atau membelah hal ini di sebabkan oleh jamur.
  • Infeksi jamur

Infeksi tahap lanjut adalah thrush, infeksi mulut yang di sebabkan jamur candida, dan jamur candida bisa muncul di kerongkongan atau rongga mulut sehingga susah untuk menelan.
  • Sulit berkonsentrasi

Untuk HIV masalah kognitif dapat menjadi tanda demensia, Tanda ini biasanya terjadi belakangan, dan penderita akan mengalami masalah daya ingat dan prilaku yang mudah marah dan tersinggung. Dan bisa juga mengalami perubahan motorik, seperti kurang koordinasi, gangguan ketrampilan motorik halus seperti menulis dengan memakai tangan, dan kecerobohan.
  • Herpes mulut dan kela’min

Dapat menjadi tanda dari HIV terkena ARS dan stadium infeksi HIV, dan ini merupakan factor untuk tertular HIV, di karenakan herpes kelam’in dapat menyebakan luka sehingga memudah kan virus HIV untuk masuk ke tubuh saat melakukan hubungan intim, dan bagi orang yang sudah terkena HIV akan mudah terkena penyakit herpes.
  • Mati rasa atau kesemutan

Penyakit HIV juga dapat mengalami mati rasa atau mengalami kesemutan pada kaki maupun tangan, atau bisa di sebut neuropati perifer, dan mungkin bisa terjadi pada diabetes yang tidak terkontrol, yang menunjukan pada kerusakan saraf.
  • Menstruasi yang tidak teraktur

Penyakit HIV tahap selanjutnya dapat meningkatkan resiko mengalami menstruasi yang tidak teraktur, seperti lebih jarang atau lebih sedikit, perubahan tersebut mungkin berpengaruh terhadap kesehatan dan penurunan berat badan yang buruk untuk wanita sebagai tahap akhir HIV.
Infeksi HIV juga berpengaruh dengan usia menopause dini  dengan umur 47-48 tahun untuk perepuan di banding dengan perempuan yang tidak terinfeksi umur 49-51 tahun.

Demikian mengenai tanda tanda penyakit HIV/ADS, semoga dapat bermanfaat.