Penyebab penyakit jantung perlu tahu

Penyebab penyakit jantung - Penyakit jantung ini memang harus sangat di waspadai, karena penyakit ini dalam kategori berbahaya. Jika kita tidak menjaga pola hidup yang lebih baik dan membiasakan hidup sehat, kemungkinan bisa terkena penyakit ini. Maka kita harus bisa membiasakan hidup sehat dan sering mengkomsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan dan membiasakan rajin berolahraga. Berikut ini adalah penyebab penyakit jantung :
Penyebab penyakit jantung perlu tahu
Penyebab penyakit jantung
.Faktor yang tidak dapat di rubah :
  • Usia.
Serangan jantung bisa terjadi pada usia lanjut di atas 65 th, dan jumlahnya sesusai pertambahan usia, seiring bertambahnya usia semakin tua akan semakin menurunnya efektifitas organ dalam tubuh, termasuk system kardiovaskulernya. Lebih dari 80% penderita jantung koroner berusia 60 th ke atas.
  • Keturunan ( genetika).
Resiko akan lebih tinggi bila orang tua anda terkena penyakit jantung koroner (PJK), bisa dikatakan mengindap di usia kurang dari 60th.

Faktor yang dapat di rubah :               
  • Merokok ( tekena asap rokok).
Zat nikotin dalam rokok dapat menyebabkan elastisitas pembuluh darah dapa berkurang, sehingga meningkatkan pengerasan pembuluh dalam darah, dan dapat memicu timbul penyakit stroke dan jantung, dan yang tidak merokok namun terkena asap rokok,, resiko lebiih berbahaya di banding perokok aktif. Maka hidari kebiasaan buruk seperti merokok sehingga terhindar dari penyakit stroke dan jantung.
  • Kelebihan berat badan (obesitas).
Obesitas, dapat meningkatkan tekanan darah tinggii ( hipertensi) dan ketidaknormal jumlah lemak dalam tubuh, sehingga dapat menyebabkan diabetes, penyakit diabetes ini yang dapat menyebabkan penyakit jantung koroner, jadi kurangin kelebihan berat badan anda supaya terhindar dari penyakit diabetes dan penyakit jantung koroner.
  • Tekanan darah tinggi ( hipertensi).
Hipertensi dapat melukai dinding arteri memungkinkan kolesterol LDL memasuki saluran arteri, sehingga dapat penimbunan plak. Semakin meningkat timbunan plak maka akan terjadi penghalang untuk aliran darah dan akan terjadinya peningkatan tekanan darah yang dapat resiko terkena serangan jantung.
  • Diabetes melitus.
Diabetes dapat mengalami penyakit jantung yang di akibatkan komplikasi dengan penyakit lain, yang dapat memicu penyakit degenerative ynag berbahaya, seperti penyakit stroke dan jantung. Penyakit diabetes dapat memicu resiko penyempitan arteriosklerosis dan pembuluh darah. Maka kurangin asupan kalori yang berlebihan dan biasakan hidup sehat dengan rajin berolahraga.
  • Kadar lemak darah kolesterol tinggi.
Resiko terkena serangan jantung juga di pengaruhi kadar kolesterol jahat , jika kadar kolesterol jahat tersedia lebih banyak dari kolesterol baik, maka akan berakumulasi di dinding arteri, yang berakibat terbentuk plak menyebabkan dinding arteri menjadi kaku dan menyempitnya rongga pembuluh darah.
  • Kurang banyak gerak.
Orang yang kurang bayak bergerak memiliki resiko penyakit jantung cukup tinggi. Apabila orang yang tadinya kurang banyak bergerak, namun sekali bergerak dengan keras. Maka ini yang menyebabkan serangan jantung,  di karenakan otot jantung tidak bisa bergerak dengaan baik, namun resiko tersebut dapat menurun apabila setiap hari sering bergerak, seperti jalan santai, jalan cepat setelah terbiasa baru melakukan kerja yang berat, dan membiasakan bergerak.
  • Stres.
Menurut jurnal stres berat juga memicu serangan penyakit jantung, maka jangan terlalu stres memikirkan masalah ataupun yang lain.

Cukup sekian dari kami mengenai penyebab penyakit jantung, semoga bermanfaat untuk anda semua.