Cara mencegah penyakit ebola

Cara mencegah penyakit ebola – Virus ebola atau ebola virus disease (EVD), penyakit yang dapat berakibat fatal untuk manusia dan hewan primate seperti  simpanse, monyet dan gorilla. Ebola virus disease bisa di sebabkan oleh infeksi dengan virus genus ebolavirus, dengan gejala muncul dengan tiba tiba. Spesies ebolavirus pertama kali di temukan tahun 1976 di tempat republic demokratik kongo yang berada di dekat sungai ebola, saat itu wabah terus muncul di berbagai Negara.
Cara mencegah penyakit ebola
Cara mencegah penyakit ebola
Saat ini belum ada vaksin untuk penyakit ebola virus disease, peneliti masih berusaha tes terhadap beberapa kandidat vaksin masih terus akan di lakukan sampai sekarang ini, namun virus ebola bisa di cegah agar anda dapat terhindar dari virus ebola, berikut ini cara pencegah penyakit ebola :
  • Jangan berpergian di daerah di temukan wabah ebola.
Jangan berpergian di daerah yang di ketahui  sebagai tempat di temukanya wabah ebola, di karenakan virus tetap masih berkembang di daerah itu, jika anda ingin berpergian ke afrika, anda harus cari tahu dahulu tentang Negara tersebut.
  • Mencuci tangan.
Mencuci tangan sabun  adalah cara mudah untuk mencegah berbagai penyakit yang dapat masuk dari tangan yang kotor, mencuci tangan dengan sabun yang antiseptic dengan kandungan 60 persen alcohol dapat mencegah bakteri pathogen dan virus.
  • Jangan memakan daging liar sembarangan.
Penyakit ebola bisa terkena lewat daging yang anda komsumsi, misal saja daerah yang sudah terkena wabah kemungkinan hewan tersebut juga terkena virus ebola, dan jauhi  dengan hewan liar seperti monyet, gorilla, simphanse dan kelelawar .
  • Hindari orang yang terkena infeksi ebola.
Jika ada seseorang di sekitar anda terkena virus ebola, hindari kontak fisik dengan penderita, karena virus dapat menular dari liur, darah, air mani, atau cairan V. virus ebola menular dengan cepat saat penderita sudah parah atau meninggal.
  • Memahami prosedur pengendalian infeksi ebola.
Saat petugas kesehatan memandu anda hal tersebut seperti  menyuruh memakai sarung tangan, masker sampai pelindung mata, dan anda harus tahu cara menyesterilkan al’at kesehatan hingga cara membuang jarum yang sudah di pakai penderita penyakit ebola.
  • Penderita ebola yang sudah meninggal.
Bila di sekitar andda ada yang meninggal karena virus ebola,Jangan menangani sembarangan, karena virus ebola masih terdapat pada pasien yang sudah meninggal, dan virus akan menyebar dengan lebih cepat, biarkan tim khusus yang menguburkan pasien yang sudah meninggal tersebut, karena tim khusus sudah mempersiapkan pelindung untuk anti ebola.

Demikian tentang mengenai cara mencegahan penyakit ebola, semoga anda dapat menjadi waspada terhadap penyakit tersebut dan membiasakan cuci tangan dan berbagai hal yang harus di hindari supaya tidak terkena virus ebola , semoga bermanfaat untuk anda.