Penyebab penyakit meningitis

Penyebab penyakit meningitis - Penyakit meningitis adalah penyakit yang terjadi di akibatkan adanya infeksi meninges bisa di sebut selaput, yang melindungi seistem syaraf pusat dalam tubuh manusia. Infeksi meninges terjadi karena adanya peradangan disebabkan oleh virus dan bakteri pada selaput tersebut. Penyakit meningitis bacterial merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya, penyakit ini dapat mejadi rusak di bagian otak, syaraf manusia dan sumsum tulang belakang, penyakit meningitis dapat menyerang balita, anak-anak, remaja, maupun sudah dewasa.
Penyebab penyakit meningitis
Penyebab penyakit meningitis
Penyakit meningitis bukan merupakan penyakit berbahaya namun jika telah parah dapat mengakibatkan kerusakan otak, kurang pendengaran, kurang daya ingat dan dapat menyebabkan kematian, jika tidak di tangani serius. Penyebab penyakit meningitis pada awalnya menginfeksi bagian tubuh penderita mengalir masuk ke dalam sel sel syaraf pusat di otak, penyebab utama adalah virus yang menyerang system kekebalan tubuh lemah. Berikut ini adalah penyebab penyakit meningitis bakteri nya :
  •  Listeria monocytogenes (listeria)
Bakteri ini dapat menyebabkan penyakit meningitis, bakteri ini dapat di temukan di mana mana, seperti debu, dalam makanan yang terkontaminasi, makanan yang berjenis keju, danging, sandwich,hotdog, maupun hewan peliharaan
  • Streptococcus pneumonia (pneumococcus)
Bakteri yang umum menyerang anak-anak atau balita, jenis bakteri ini menyebabkan infeksi pneumonia, rongga hidung (sinus) dan telinga.
  •  Neisseria meningitis (meningococcus)
Meningitis terjadi akibat infeksi pada saluran nafas bagian atas, dan kemudian bakteri dapat masuk ke dalam peredaran darah.
  •  Haemophilus influenza (haemophilus)
Baktirri Hi tipe B ini dapat menyebabkan penyakit meningitis, virus menginfeksi pernapasan bagian atas, sinusitis dan telingan bagian dalam. Dengan pemberian vaksin Hi b, (terbukti) dapat menurunkan pada kasus penyakit meningitis yang di sebabkan oleh bakteri ini.
  • Selain di atas penyakit meningitis dapat di sebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberculosis dan staphylococcus aureus.
Itulah faktor penyebab penyakit meningitis, penyakit yang di sebabkan oleh bakteri, semoga bermanfaat untuk anda.